Jumat, 06 November 2015

11 Hantu yang Pernah Populer di Pemalang



PEMALANG – Bicara soal hantu mesti pola pikir kita tertuju pada kuntilanak, pocong, genderwo dan sejenisnya, dari hantu-hantu itu tentunya sudah sangat populer di Indonesia yah. Nah ternyata Pemalang punya 11 jenis hantu yang pernah populer loh, apa saja hantunya? Yuk kita ikuti ulasannya.
1. Hantu Tek Tek Brek

Konon hantu ini berwujud kerangka manusia/jerangkong. Dan setiap beraksi selalu menimbulkan bunyi tek tek brek, sehingga disebutlah hantu tek tek brek. bunyi tersebut berasal dari kedua sikunya yang dihentakkan (tek-tek) dan setelah itu baru dengkulnya yg dihentakkan (brekkk).
2. Hantu Wiyonggo (Buncul)
Hantu Wiyonggo/wiyanggah atau biasa disebut juga Wiyengge dan Buncul, spesies hantu ini konon berdomisili di sungai. Rambut panjang terurai di air sungai adalah ciri khasnya. Kadang setiap penampakannya diawali tangisan bayi. Menurut mitos, wiyonggo adalah carnivora, makanan favoritnya adalah janin dan ubun-ubun. Maka dari itu setiap ibu hamil yang mau ke sungai selalu membawa gunting. Mungkin itu salah satu cara untuk melindungi diri dan kandungan dari aksi wiyonggo. Wiyonggo konon takut akan gunting, mungkin khawatir rambut panjang seperti direbonding nya itu kepotong kali ya, dah gak serem lagi deh.
3. Hantu Ndhas Nggluntung

Hantu ini berwujud kepala yang menggelinding, rolling head ghost mungkin kalau diterjemahin ke bahasa inggris. Konon hantu ini muncul tiba-tiba menggelinding seperti bola, biasanya hantu ini muncul di jalan yang menurun. Tapi ada juga kasus hantu ini muncul seperti benda yang terjatuh (GEDHEBUG!!!) lalu menggelinding seperti ciri khasnya.
4. Hantu Banaspati

Hantu Banaspati (kadang disebut juga Ganaspati/Panaspati). Sebenarnya tidak hanya ada di pemalang saja legenda hantu api satu ini. hampir seluruh pelosok desa di jawa tengah tau cerita hantu ini. Konon penampakan hantu ini selalu terbang terlihat seperti bola (kadang kepala) yang terbakar. Barangsiapa orang berpapasan dengan hantu ini, katanya si manusia akan di kejar-kejar, dan cara penyelamatan diri dari serangan ini adalah menceburkan diri ke kolam/sungai.
5. Hantu Kalong Wewe

Menurut mitos yang berkembang, hantu ini berwujudkan wanita dengan sayap yang mirip kalong (sejenis kelelawar). Hobinya menculik anak kecil yang main keluar rumah sendirian malam-alam. Kalong wewe beroperasi setelah hari sudah gelap. Meski di beritakan kerap menculik anak kecil, tapi kalong wewe tak pernah minta TEBUSAN!!!
6. Tuyul

Nah, kalo makhluk yang satu ini udah pasti banyak yang tau! Yap, temennya mbak yul satu ini memang sangatlah fenomenal. Karena makhluk yang satu ini bisa dijadikan ladang bisnis. Tuyul sendiri dibagi menjadi dua jenis. Yang pertama Tuyul Peliharaan, yaitu tuyul yang dipelihara seorang majikan untuk mencari nafkah bagi majikannya, tugasnya mencuri uang/perhiasaan dari rumah kerumah. Yang kedua, Wild Tuyul atau tuyul tak bertuan. Konon Si tuyul liar ini biasa hidup dikebon kebon, biasanya hidup bergerombol.
7. Hantu Gedhe Dhuwur

Apa itu hantu gedhe dhuwur? Gedhe dhuwur jika di terjemahkan ke bahasa Indonesia berarti besar dan tinggi, sesuai dengan wujud hantu ini. Biasa mangkal di pepohonan, salah satunya di pohon bambu. Mungkin ini salah satu species dari genderuwo. Hitam besar dan tinggi seperti yang dituturkan teman penulis yang pernah memergokinya. Ada juga yang menyebut hantu ini semula tampak kecil, setelah didekati menjadi semakin tinggi dan besar. Mungkin bagi sobat yang merasa kurang tinggi bisa bertanya tentang tips meninggikan badan kepada hantu ini yang tentunya bukan cara herbal atau kimia, tetapi dengan cara GAIB!!!
8. Gedhabel (Gabel)

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, hantu ini digambarkan memiliki lidah yang begitu panjang. Konon hantu ini muncul dimalam hari ketika sehabis hujan atau air bekas memandikan jenazah. Barang siapa dijilat olehnya jejak kaki si korban, maka si korban akan mengalami sakit yang mendadak. Bahkan dapat mengakibatkan kematian. maka dari itu jaman dulu dianjurkan memakai sandal/sepatu boot setiap keluar rumah saat hujan.Seiring dibuatnya aspal dan batako di setiap pelosok desa, cerita hantu ini tak ada kabarnya lagi. atau mungkin gedhabel tak sengaja menjilat jejak kakinya sendiri?
9. Hantu Culi

Culi adalah species dari pocong. Dulu memang pernah gegap gempitanya pocong culi ini. Kok dinamain culi? Jadi pernah suatu waktu sering terjadi penampakan pocong yang melompat-lompat sembari bilang “culi culi culi..” Culi mungkin bisa diartikan duculi/diuculi dan apabila diartikan ke bahasa indonesia adalah “dilepaskan/lepaskan”. Banyak orang beranggapan kalau culi adalah arwah seseorang yang tali pocongnya belum dilepaskan dan si pocong memberi clue dengan kata “CULI” tadi supaya talinya dilepas. banyak juga bilang ini ulah jin, mana mungkin arwah seseorang gentayangan kan? Tapi meski begitu fenomena culi patut mendapat rating 5 dari LHD (Lembaga Hantu Dunia).
10. Hantu Kunti Wiwi (Kunti Wiri)

Hantu ini satu spesies dengan kuntilanak, hantu yang mempunyai ciri khas rambut panjang gaya emo, daster kedodoran yang putih bersih (kadang dijumpai juga gaunnya kena tumpahan cat merah merona), lingkaran hitam yang mengitari mata karena sering begadang. Kunti wiwi sering mangkal di pohon-pohon besar seperti beringin, jati dan randu. Tertawanya yang unyu membuat bulu jaket anda berdiri! Kadang juga suaranya mirip anak ayam kelaparan. Hobi main ayunan. Nangkring di ranting sambil mainin rambut sambil nyanyi adalah moment yang mesti anda tonton bersama teman-teman anda.
11. Hantu Ronggeng

Dulu ada sebuah legenda saat pembuatan jembatan rel kereta api di daerah pemalang. Dimana saat pembuatannya diadakan hiburan tari ronggeng. Diceritakan saat penari ronggeng sedang menari di sekitar jembatan tersebut, secara sengaja/tidak sengaja penari tersebut didorong hingga jatuh ke sungai. Konon penari tersebut dijadikan tumbal supaya jembatan tersebut kokoh. Setelah kejadian itu, kata penduduk sekitar jembatan tersebut sering melihat seorang wanita menari diatas jembatan itu. Yang sebagian orang bilang itu arwah penari ronggeng yang mati terjatuh dari jembatan itu. 

Itulah 11 hantu yang pernah populer di pemalang. Dikutip dari postingan akun facebook Judi Cruise bersumber dari laman encowet.wordpress.com, jumat (6/11).

1 komentar:

  1. http://beritadominos99.blogspot.com/2017/05/trik-ampuh-menang-dalam-permainan.html

    BalasHapus